Van Shares

Monday 10 April 2017

Download software “Karnaugh Map Minimizer” : Aplikasi cerdas untuk minimisasi Peta Karnaugh

Sudahkah anda familiar dengan software "Karnaugh Map Minimizer"?
atau minimal pernahkah anda mendengar nama dari software ini?
Bagi mahasiswa yang berkutat dalam bidang Elektronika maupun Teknik Informatika, software ini mungkin sudah tidak asing untuk digunakan. Berikut adalah sedikit pengenalan software "Karnaugh Map Minimizer" sebagai pengecek kebenaran sekaligus minimisasi peta karnaugh.

Ukuran software ini yang relatif kecil  menjadikan software ini ringan untuk dijalankan dan tidak memakan banyak harddisk. Aplikasi ini bisa kalian download melalui link berikut ini Free Download Software Karnaugh Map Minimizer.

Sebelum mengenal lebih jauh, marilah kita mengetahui apa itu "Peta Karnaugh" terlebih dahulu.

Peta Karnaugh adalah penjelasan tentang fungsi tabel kebenaran Bool dalam bentuk gambar. Salah satu tujuan dari peta Karnaugh untuk menyederhanakan fungsi Bool, sampai lima variabel. fungsi Boolean dengan lebih dari lima variabel akan sulit untuk disederhanakan menggunakan metode ini.

Peta Karnaugh berisi beberapa persegi, setiap persegi adalah merupakan salah satu segmen dari persamaan Boolean. Jumlah kotak tergantung pada jumlah variabel. Peta Karnaugh untuk dua variabel, akan berisi 4 kotak. Untuk 3 variabel terdiri dari 8 kotak, sedangkan untuk 4 variabel terdiri dari 16 kotak, dan untuk 5 variabel terdiri dari 32 kotak.
Setelah mengetahui pengertian dari "Peta Karnaugh" maka dalam kesempatan kali ini saya akan memberi tahu tentang peta karnaugh untuk 4 variabel sekaligus mengecek kebenarannya menggunakan aplikasi "Karnaugh Map Minimizer".

Berikut tabel yang telah dibuat :

Maka langkah selanjutnya adalah mengecek tabel kebenaran yang telah kita buat, kita bisa menggunakan aplikasi "Karnaugh Map Minimizer". Berikut adalah cara melakukan minimisasi sekaligus mengecek kebenaran peta karnaugh yang telah kita buat.

Lakukan pengisian output yang diinginkan, maka peta karnaugh akan tampil seperti gambar berikut :
Setelah melakukan pengecekan peta karnaugh maka kita akan melakukan perhitungan peta karnaugh tersebut dengan cara memilih fungsi solve seperti gambar berikut :
Demikian pengenalan tentang software “Karnaugh Map Minimizer”, semoga bermanfaat bagi yang telah membacanya. Mohon kritik dan sarannya sebagai masukan kepada saya. Terima Kasih
luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com

0 comments:

Post a Comment